• Sabtu, 20 Agustus 2022

Resmi! Ini Nama 2 Menteri dan 3 Wamen Baru Kabinet Jokowi!

- Rabu, 15 Juni 2022 | 21:08 WIB
Jokowi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (instagram.com/@jokowi)
Jokowi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (instagram.com/@jokowi)

Bandarlampungpost.com - Joko Widodo baru saja melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru dalam kabinetnya. Pelantikan ini merupakan hasil reshuffle kabinet ketiga yang dilakukan Jokowi selama periode kedua jabatannya.

Jokowi melantik kelima anggota baru kabinet ini pada hari Rabu, 15 Juni 2022 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Dua menteri baru yang dilantik adalah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Lutfi dan Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional yang menggantikan Sofyan Djalil.

Baca Juga: Pesan Ridwan Kamil untuk Arka : Kami Akan Mencintai dan Mendidikmu Seperti Eril

Sementara tiga wakil menteri yang dilantik adalah Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenagakerjaan.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Airlangga Hartanto, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh.

Alasan reshuffle kabinet ini disampaikan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, adalah untuk refreshing. 

Baca Juga: Netflix Umumkan Sweet Home Berlanjut ke Season 2 dan 3, Ini Daftar Pemainnya

"Presiden memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri," ujar Pramono.

Kabinet Indonesia Maju telah di reshuffle sebanyak tiga kali sejak dilantik pertama kali pada tahun 2019. 

Reshuffle kabinet pertama dilakukan pada 23 Desember 2020. Presiden Jokowi melakukan pergantian sejumlah menteri dan memperkenalkan enam figur baru dalam kabinet.

Halaman:

Editor: Ando Partindo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X