• Selasa, 5 Juli 2022

Pemerintah Jelaskan Alasan UAS Dideportasi dari Singapura

- Selasa, 17 Mei 2022 | 17:43 WIB
Ustad Abdul Somad saat ditahan diimigrasi Singapura (instagram.com/@ustadzabdulsomad_official)
Ustad Abdul Somad saat ditahan diimigrasi Singapura (instagram.com/@ustadzabdulsomad_official)

Bandarlampungpost.com - Ustadz Abdul Somad atau UAS baru-baru ini dideportasi dari Singapura pada Senin, 16 Mei 2022 lalu.

UAS beserta rombongan yang terdiri dari istri, anaknya, dan keluarga sahabatnya mengunjungi Singapura untuk liburan namun mereka tidak diizinkan melewati imigrasi sehingga akhirnya dipulangkan lagi ke Batam.

Terkait kabar ini, KBRI Singapura memberikan penjelasan mengenai alasan UAS dideportasi.

Baca Juga: UAS Dideportasi dari Singapura, Berikut Kronologinya!

Dilansir dari beritadiy.pikiran-rakyat.com yang dikutip dari ANTARA menegaskan bahwa UAS tidak dideportasi dari Singapura melainkan izin masuknya yang ditolak.

“Saya mau meluruskan, petugas imigrasi sudah menyatakan bahwa beliau tidak dideportasi, tetapi ditolak izin masuknya ke Singapura karena tidak memenuhi syarat kriteria warga asing untuk ke Singapura,” ujar Kepala Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari dikutip dari ANTARA.

Mengenai alasan ditolaknya izin masuk UAS ke Singapura, Ratna menjelaskan bahwa pihak imigrasi Singapura tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Baca Juga: Dihari Ulang Tahun, IU Berdonasi Rp 2,4 Miliar!

“Karena izin masuknya orang asing ke suatu negara memang kedaulatan masing-masing negara. Kami paham soal itu, karena kami sering menolak warga negara asing masuk ke Indonesia dengan beberapa kriteria yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Jadi hal yang sama dilakukan oleh pihak imigrasi Singapura, bahwa jika tidak dianggap memenuhi kriteria masuk ke wilayah Singapura, maka yang bersangkutan ditolak untuk masuk,” ucap Ratna.

Deportasi sendiri menurutnya adalah ketika sudah berada di Singapura namun ditarik kembali dan harus dipulangkan ke negara asal, sementara UAS ditolak izin masuknya.

Halaman:

Editor: Ando Partindo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X