• Senin, 5 Desember 2022

Infeksi Global Covid-19 Capai Rekor Tertinggi, Omicron Menyebar di Luar Kendali

- Kamis, 30 Desember 2021 | 09:59 WIB
Ilustrasi varian Covid-19 Omicron yang masuk Indonesia terus bertambah (freepik.com/kjpargeter)
Ilustrasi varian Covid-19 Omicron yang masuk Indonesia terus bertambah (freepik.com/kjpargeter)

Bandarlampungpost.com - Infeksi global Covid-19 mencapai rekor tertinggi selama periode tujuh hari terakhir. Data Reuter melaporkan pada Rabu 29 Desember 2021 rata-rata hampir 900 ribu kasus terdeteksi setiap hari di seluruh dunia antara 22 dan 28 Desember 2021.

Sejumlah negara terus melaporkan rekor kasus tertinggi dalam 48 jam terkahir termasuk Amerika Serikat, Australia, banyak di Eropa dan Argentina dan Bolivia.

Kenaikan kasus yang signifikan diduga kuat karena varian Omicron yang menyebar di luar kendali. Pemerintah berbagai negara berusaha menahan penyebarannya tanpa melumpuhkan ekonomi.

Baca Juga: Bejat, Gadis 14 Tahun Diculik, Diperkosa Lalu Dijual Melalui Aplikasi Michat

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus khawatir Omicron yang sangat menular akan membuat lonjakan kasus yang luar biasa di dunia.

"Saya sangat prihatin bahwa Omicron, yang sangat menular dan menyebar pada saat yang sama dengan Delta, menyebabkan tsunami kasus," kata Tedros dalam jumpa pers.

Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Prancis telah dibuat pusing dengan tambahan kasus sebanyak 208.000 dalam waktu 24 jam, sebuah rekor nasional dan Eropa.

Inggris, Italia, Spanyol, Portugal, Yunani, Siprus, dan Malta semuanya mencatat rekor jumlah kasus baru pada Selasa 28 Desember 2021. Sementara di Amerika jumlah rata-rata kasus harian dalam tujuh hari terakhir mencapai rekor 258.312. Jumlah kasus tertinggi sebelumnya hanya mencapai 250.141 yang tercatat pada Januari 2021.

Baca Juga: Menpan Keluarkan Edaran, ASN Dipersiapkan Jadi Komponen Cadangan Pertahanan Negara

Halaman:

Editor: Yuverdi

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X