• Senin, 5 Desember 2022

Vaksin Dosis Keempat untuk Cegah Omicron Mulai Diberikan di Israel

- Selasa, 28 Desember 2021 | 19:29 WIB
ilustrasi vaksis dosis keempat (freepik.com/rawpixel.com)
ilustrasi vaksis dosis keempat (freepik.com/rawpixel.com)

Bandarlampungpost.com - Israel mengambil langkah studi berupa pemberian booster vaksin Covid-19 dosis keempat untuk atasi penyebaran Omicron.

Sejak Senin, 27 Desember 2021 di sebuah rumah sakit mulai diberikan booster tersebut kepada sekelompok pekerja kesehatan.

Juru bicara Pusat Media Sheba di Tel Aviv mengatakan, hasil uji coba ini akan diawasi secara ketat secara internasional, akan diserahkan ke Kementerian Kesehatan Israel dalam waktu sekitar dua minggu.

Baca Juga: Tanggapi Inbox Netizen, Rizky Bilar Ucapkan Kata Kasar?

Diketahui, Israel adalah negara tercepat yang meluncurkan vaksinasi awal setahun yang lalu, dan menjadi salah satu yang pertama meluncurkan program booster setelah mengamati bahwa kekebalan berkurang dari waktu ke waktu.

Sementara, Kementerian Kesehatan mengatakan pihaknya mempersingkat waktu pemberian dosis kedua dan ketiga vaksin Covid-19 menjadi tiga bulan dari lima bulan untuk mengalahkan infeksi yang meningkat ketika Omicron menyebar.

Mereka prihatin dengan risiko lonjakan kasus Omicron yang terjadi tiba-tiba dan dirawat inap. Karenanya, panel ahli kementerian merekomendasikan Israel menjadi negara pertama yang menawarkan suntikan keempat kepada pekerja medis dan mereka yang berusia di atas 60 tahun atau dengan sistem kekebalan yang terganggu.

Baca Juga: Warga Sipil Dibunuh dan Dibakar oleh Penguasa Militer Myanmar, Sisa-Sisa Tubuh Ditemukan Hangus di Bak Truk

Usulan tersebut disambut baik oleh pemerintah Israel, dan booster keempat kini telah diberikan.

Halaman:

Editor: Yuverdi

Sumber: Reuters, Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X