• Senin, 5 Desember 2022

Swiss Akan Fasilitasi Warganya Rubah Gender dengan Mudah

- Minggu, 26 Desember 2021 | 20:09 WIB
Sebuah poster dipajang di dinding di Vogay, sebuah asosiasi untuk keragaman seksual dan gender (REUTERS/Denis Balibouse)
Sebuah poster dipajang di dinding di Vogay, sebuah asosiasi untuk keragaman seksual dan gender (REUTERS/Denis Balibouse)

Bandarlampungpost.com - Warga Swiss akan dengan mudah merubah gender mereka secara legal mulai 1 Januari 2022. Mereka cukup mendatangi kantor pencatatan sipil.

Sesuai peraturan sipil Swiss yang baru, warga yang berumur 16 tahun atau lebih, dan tidak di bawah perwalian, akan dapat menentukan sendiri gender dan nama resmi mereka di kantor pencatatan sipil.

Sedangkan mereka yang di bawah 16 tahun dan diasuh oleh orang dewasa, akan membutuhkan persetujuan wali.

Baca Juga: Berikut Prediksi Gaji PNS 2022, Yuk Simak Apakah Bakal Naik?

Dilansir Bandarlampungpost.com dari Reuters ketentuan ini mengubah aturan yang berlaku saat ini di mana orang membutuhkan sertifikat medis yang menyatakan identitas transgender seseorang.

Beberapa daerah semi-otonom Swiss juga mengharuskan seseorang menjalani pengobatan hormon atau transisi anatomis untuk mengubah jenis kelamin secara legal.

Sementara itu, untuk perubahan nama, diperlukan bukti bahwa nama baru tersebut telah digunakan secara tidak resmi selama beberapa tahun.

Baca Juga: Oknum TNI AD yang Tabrak dan Buang Korban ke Sungai Terkuak, Panglima TNI Minta Mereka Dipecat

Swiss menjadi salah satu negara Eropa yang berada di garda depan dalam mengkampanyekan gerakan identifikasi gender.

Halaman:

Editor: Yuverdi

Sumber: reuters.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X