• Sabtu, 20 Agustus 2022

Bertambah Lagi Koleksi Sejarah, Sekda Metro Hibahkan Sepeda Onthel untuk RIS

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:27 WIB
Bertambah Lagi Koleksi Jadul, Sekda Metro Hibahkan Sepeda Onthel untuk RIS
Bertambah Lagi Koleksi Jadul, Sekda Metro Hibahkan Sepeda Onthel untuk RIS

Bertambah Lagi Koleksi Sejarah, Sekda Metro Hibahkan Sepeda Onthel untuk RIS

Kota Metro, Bandarlampungpost.com - Partisipasi warga dari berbagai kalangan untuk menambah koleksi di Rumah Informasi Sejarah Metro terus bermunculan.Kali ini Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Harto Utomo yang menyerahkan sepeda onthelnya untuk menambah koleksi RIS Metro.


Bangkit mengatakan bahwa hibah sepeda ontel yang ada di rumah dinas Sekda ini sendiri berangkat dari kecintaannya kepada sejarah Kota Metro dan keingininan berpartisipasi untuk juga membesarkan cagar budaya di Metro khususnya di RIS.

Baca Juga: Agus Bhakti Nugroho Minta Hakim yang Vonis Bebas Pelaku Narkoba Rp92 Kg Sabu Diperiksa Komisi Yudisial


"Saya serahkan sepeda onthel the mister yang saya miliki dengan harapan dapat menambah koleksi RIS dokterswoning dan dapat dipelihara dengan baik sehingga bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang,"ungkapnya.


Sementara itu pegiat onthel di Metro Tutut Zatmiko mengatakan bahwa sepeda onthel sendiri akrab bagi Warga Metro sejak era kolonisasi.


“Di Lampung sendiri tak terkecuali Metro sebagai salah satu daerah tujuan kolonisasi Belanda tentu memiliki sejarah sendiri tentang perkembangan sepeda onthel,”jelasnya.

Baca Juga: KBPP Polri Lampung Ucapkan Selamat Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugianto Bakal Jabat Dirjen Perhubungan Darat


Tutut menambahkan sepeda onthel merek The Mister banyak masuk Indonesia tahun 1960an, sebagai bagian dari rampasan Perang Jepang untuk membantu penanggulangan wabah malaria dan kolera pada dekadetersebut.

Halaman:

Editor: Beni Yulianto

Tags

Terkini

X