• Minggu, 22 Mei 2022

Lampung Siap Latih Kader Udara Bersih Indonesia, Teknik pengolahan lahan Tanpa Merusak lingkungan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 22:03 WIB
Lampung Siap Latih Kader Udara Bersih Indonesia, Teknik pengolahan lahan Tanpat Merusak lingkungan
Lampung Siap Latih Kader Udara Bersih Indonesia, Teknik pengolahan lahan Tanpat Merusak lingkungan

Bandarlampungpost.com - Pelatihan Kader Udara Bersih Indonesia siap di gelar di Lampung. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 7  hari (14-20 Februari 2022) di Balai Pelatihan Pertanian  Lampung dengan fasilitator pelatihan Simon HT, Kuswara, Kuswana beserta tim fasilitator lain dari 8 Provinsi.

Peserta merupakan petani dari Provinsi Lampung  dan Kalimantan Barat. Provinsi Lampung di Wakili 18 petani dari Lampung tengah, Lampung timur dan Tulang bawang  Sedangkan Provinsi Kalimantan Barat 18 orang.

Muhamad Basyirudin Faisol yang akrab di panggil Kang Basyir Selaku Fasilitator Provinsi Lampung   mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di delapan provinsi yakni di Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Soal Ibu Kota Negara Baru, Rocky Gerung: Akan Jadi Ibu Kota Kedua China

Tujuan pelatihan ini untuk memperkenalkan metodologi atau teknik pengolahan lahan kepada petani agar meminimalkan gangguan terhadap lingkungan, terutama pembakaran lahan.

Teknik pengolahan yang diperkenalkan yakni Mulsa Tanpa Olah Tanah. Teknik ini lebih ramah lingkungan tanpa harus membakar lahan dan dapat mengurangi polusi asap di Indonesia.

"Kita ingin menciptakan udara bersih di Indonesia dengan memperkenalkan metodologi baru Mulsa Tanpa Olah Tanah, ada tiga mulsa tanpa olah tanah, bedengan kayu yakni tumpukan kayu yang diberikan tanah dan mulsa, serta deep litter chicken," jelasnya.

Baca Juga: Kecelakaan Sebabkan Fasilitas Jalan Tol Rusak, Benarkah Pengendara Wajib Mengganti? Simak Aturan Lengkapnya

Setelah itu di awal Maret 2022 akan melatih di tingkat Kabupaten sebanyak 90 orang calon Kader Udara Bersih Indonesia. ***

Halaman:

Editor: Beni Yulianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Dukung Percepatan City Branding Metro

Jumat, 15 April 2022 | 18:49 WIB
X